Nov 3, 2011

Still Here

Okay, singkatnya sekitar penghujung tahun gue duduk di kelas 5 SD, Bapak gue ditelpon sama siapa waktu itu gue nggak tau. Gue denger semua yang Bapak gue bilang di telepon. Terus gue dikasi tau kalo kita bakalan pindah ke Bali. PINDAH ???!! Dan waktu itu gue langsung ke kamar, karena tiba - tiba ada banyak banget bayangan manis berkelebat tentang ekosistem tempat gue hidup. Dan gue nangis. Dan orang tua gue tau kalo gue nangis. Itu kali pertama gue nangis di tahun itu. 

Di sekitar penghujung tahun sebelum gue ujian nasional kelas 6 SD. Gue udah mulai bisa nerima kenyataan kalo gue harus pindah. Gue udah bunuh harapan buat masuk SMP tempat gue sekolah sekarang ini.  Tapi ternyata, setelah gue ujian, gue sempat diwawancara sama sebuah harian lokal dan pas di tanya mau lanjut sekolah kemana, ternyata gue jawab : gue udah diterima di SMP tempat gue sekolah sekarang ini.

Di bulan kedua gue duduk di bangku SMP, di depan rumah udah ada tulisan "RUMAH DIJUAL". Di hari kedua tulisan itu nempel di depan rumah, sore pas Ortu gue pulang kerja, tulisan itu udah nggak ada. Gue nggak tahan pingin nyabut dan ngerobek tulisan itu. Akhirnya tulisan itu bener - bener gue cabut. Terus hari ketiga diganti sama yang baru, gue siram itu tulisan pake air supaya tulisannya kabur. Pas Ortu pulang kerja, gue bilang aja itu tulisan kena hujan. Then, besoknya Bapak gue ngetik ulang tulisan rumah dijual itu, dilaminating, terus dipaku di tembok depan rumah gue. Hhh …

Di bulan ketiga, rumah gue laku terjual. Gue liat dengan jelas pas si pembeli transaksi ngasi uang pangkal tanda jadi. Uangnya sih emang banyak banget. Seratus ribuan sampe dimasukin ke dalem kantung plastik. Pas si pembeli dateng, gue kira dia baik aja gitu bawa gorengan ke rumah. Ehh ternyata kantung plastik itu isinya duit. Bukannya seneng, tapi gue jadi benci banget sama itu pembeli. Jujur, gue nggak ikhlas banget itu rumah bukan jadi punya gue lagi. Gue lebih bisa nerima kalo rumah itu dikontrakin, atau dikosongin aja yang penting itu masih punya gue. Tapiiiiiii ……

Seminggu kemudian, Bapak gue udah ada di Bali. Ngurusin berkas, barang, atau apalah yang berhubungan sama pindah ini. Dan pas gue pulang sekolah, ternyata udah ada mobil apaaa gitu yang ngurus tentang angkut barang buat pindahan. Terus gue disuruh ngepak buku - buku gue semuanya. Buku buku dari gue TK, sampe buku pelajaran  yang baru aja 3 bulan gue pake. Buku yang udah nggak kepake dan setiap tahun ajaran jumlahnya bertambah di gudang akhirnya ikutan pindah. Dari gudang rumah gue, terus ke tangan tukang loak yang lewat tiap pagi depan rumah gue, terus nggak tau deh sekarang buku - buku itu udah di mana. Sempat sedih juga liat buku - buku itu. Buku - buku yang secara nggak langsung udah jadi sarana dalam setiap ilmu yang gue dapet. Buku - buku yang sering gue corat - coret kalo gue lagi belajar terus mendadak kehilangan mood. Buku - buku yang jadi penonton pas gue nangis di awal Ortu gue ngasi pelajaran kelas 3, padahal waktu itu gue baru kelas 2 semester 1. Buku - buku yang gue cari sampe ke Bali sama Bapak. Ah! Kalo udah kaya gini, kadang gue galau sendiri. Kenapa hidup gue yang udah serba normal mesti diganggu sama acara pindah - pindahan gini?

Then, gue ternyata emang bener - bener nggak rela ninggalin kehidupan gue di sini. Setelah diplomasi dan pertimbangan panjang, akhirnya gue nggak ikutan pindah. Alasan pertamanya gue belum punya rumah di sana. Ortu sama adek gue sementara mau tinggal di rumah nenek sampe rumah gue selesai. Kalo gue ikutan pindah, ntar gue mau tidur di mana?
Dan sampe sekarang gue tinggal di rumah tante gue. Harusnya sih gue pindah ke Bali berhubung rumah udah digarap. Tapi setelah gue ngulur - ngulur waktu nd nunda buat pindah, ehh sekarang gue udah kelas 9. mau pindah? Data - data gue buat Ujian Nasional udah gabisa diganggu gugat. Tanggung juga kalo mau pindah. Okay, I ma still here ;)

No comments:

Post a Comment